Kajian Literatur Pencemaran Lingkungan

>Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya pencemaran lingkungan?
1.-Menurut I Wayan Eka Artajaya, Ni Kadek Felyanita Purnama Putri(2021)
Faktor penyebab terjadinya pencemaran di sungai bindu.karena Sungai Bindu banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga menyebabkan terjadinya pencemaran air di sungai Bindu, seperti Desa Adat Kesiman memiliki peranan penting dalam menekan terjadinya pencemaran air yang terjadi di sungai Bindu.
Artajaya, I. W. E., & Putri, N. K. F. P. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Pencemaran Air Di Sungai Bindu. Jurnal Hukum Saraswati (JHS), 3(2).
dalam https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JHS/article/view/2961
Diakses pada tanggal 1 maret 2024 Pukul 19.20

2.-Menurut Agnes Fitria Widiyanto, Saudin Yuniarno, Kuswanto Kuswanto(2015)
faktor-faktor yang menyebabkan polusi air tanah akibat limbah domestik dan limbah industri di Kelurahan Kalikabong Kabupaten Purbalingga.Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya polusi air sebesar 33, 33% berasal dari limbah industri, 47, 62% limbah rumah tangga, dan 19, 04% berasal dari limbah perkotaan. 
Widiyanto, A. F., Yuniarno, S., & Kuswanto, K. (2015). Polusi air tanah akibat limbah industri dan limbah rumah tangga. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 246-254.
dalam https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kemas/article/view/3388
Diakses pada tanggal 1 maret 2024 Pukul 19.26

3.-Menurut Eny Endang Surtiani(2006)
faktor yang menyebabkan kawasan Pancuran menjadi kumuh adalah faktor tingkat penghasilan, status kepemilikan hunian, dan lama tinggal
Surtiani, E. E. (2006). Faktor-faktor yang mempengaruhi terciptanya kawasan permukiman kumuh di kawasan pusat kota (studi kasus: kawasan pancuran, salatiga) (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).
Dalam http://eprints.undip.ac.id/15530/
Diakses pada tanggal 1 maret 2024 Pukul 19.37

>Bagaimana cara mengatasi masalah pencemaran lingkungan?
1.-menurut Farah Nur Laily(2022)
Penegakan Hukum Lingkungan sebagai Upaya Mengatasi Permasalahan Lingkungan Hidup di Indonesia baik dari sisi hukum administrasi, hukum perdata, maupun hukum pidana
Laily, F. N. (2022). Penegakan Hukum Lingkungan Sebagai Upaya Mengatasi Permasalahan Lingkungan Hidup di Indonesia. Wacana Paramarta: Jurnal Ilmu Hukum, 21(2), 17-26.
Dalam http://www.paramarta.web.id/index.php/paramarta/article/view/184
Diakses pada tanggal 1 maret 2024 Pukul 19.42

2.-Menurut Agung Sugiarto, Djukri Djukri(2015)
pembelajaran berbasis SETS pada kelas eksperimen dan PBL pada kelas kontrol dapat meningkatkan kreativitas dalam pemecahan masalah pencemaran lingkungan.
Sugiarto, A., & Djukri, D. (2015). Pembelajaran berbasis SETS sebagai upaya meningkatkan kreativitas dalam pemecahan masalah pencemaran lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA1(1), 1-11
Dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/4527
Diakses pada tanggal 1 maret 2024 Pukul 19.46

3.-Menurut evi sunarsih 2014
Pengolahan limbah rumah tangga ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pencemaran terhadap lingkungan yang dapat berdampak terhadap terganggunya kesehatan masyarakat.
Sunarsih, E. (2014). Konsep pengolahan limbah rumah tangga dalam upaya pencegahan pencemaran lingkungan. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 5(3).
Dalam https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/158
Diakses pada tanggal 1 maret 2024 Pukul 10.51

>Model pembelajaran apa yang cocok dengan pencemaran lingkungan?
1.-Menurut N Izzati, N Hindarto(2013)
Pengembangan modul tematik dan inovatif berkarakter pada tema pencemaran lingkungan untuk siswa kelas VII SMP
Izzati, N., Hindarto, N., & Pamelasari, S. D. (2013). Pengembangan modul tematik dan inovatif berkarakter pada tema pencemaran lingkungan untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2).
Dalam https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2721
Diakses pada tanggal 1 maret 2024 Pukul 19.56

2.-Menurut Putri Amelia Pertiwi Pasaribu, Halim Simatupang(2019)
Pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pencemaran lingkungan di kelas x mia sman 6 binjai tp 2018-2019
Saputri, DA, & Febriani, S. (2017). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran biologi materi pencemaran lingkungan kelas X MIA SMA N 6 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Pengajaran Biologi , 8 (1), 40-52.
Dalam https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/1655
Diakses pada tanggal 1 maret 2024 Pukul 20.03

3.-Menurut Almukarram Almukarram, Muhammad Ali Sarong, Evi Apriana(2017)
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di SMA Negeri 12 Banda Aceh
Almukarram, A., Sarong, MA, & Apriana, E. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di SMA Negeri 12 Banda Aceh. BIOTIC: Jurnal Ilmiah Teknologi dan Pendidikan Biologi , 4 (1), 8-14.
Dalam https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/1066
Diakses pada tanggal 1 maret  Pukul 20.05

Postingan populer dari blog ini

KAJIAN LITERATUR PENCEMARAN LINGKUNGAN

Biodata Diri Nadia Amalia